Edukom

Edukom - Procrastination 13

Edukom - Procrastination 13

Viral, ratusan Mahasiswa di Bandung terkena HIV

Belakangan ini ramai kabar berita yang muncul di media sosial, khususnya Instagram mengenai ratusan Mahasiswa di Bandung yang terkena HIV. Hal tersebut benar adanya. Dilansir dari CNBC Indonesia, Jum’at, 26 Agustus 2022, Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kota Bandung, Jawa Barat, mengungkapkan fakta baru mengenai kasus HIV di kalangan anak muda. Sebanyak 414 mahasiswa di Bandung dinyatakan positif HIV. Jumlah tersebut setara dengan 6,97 persen dari total kasus. Ketua Sekretariat KPA Kota Bandung Silvia Dewi, mengatakan bahwa penyakit ini banyak dialami kelompok usia produktif. "Paling banyak itu usia 20-29 tahun, persentasenya 44,84 persen, usia produktif banget," ujarnya.

Kenali apa itu HIV
Tapi, sebelumnya warga Kemakom udah pada tau kan HIV itu apa? Nah, sekalian menambah ulang wawasan warga Kemakom, HIV merupakan virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Jika tidak diobati, virus HIV ini akan berkembang menjadi AIDS (acquired immunodeficiency syndrome)

Kenali gejala awal HIV
Dikutip dari laman Healthline, gejala awal HIV dikenal sebagai sindrom retroviral akut. Biasanya, gejala yang muncul mirip seperti saat seseorang terkena flu, pada umumnya akan berkembang dalam 2-4 minggu setelah penularan. Namun, beberapa orang juga bisa tidak akan mengalami gejala awal setelah mereka tertular virus tersebut

Kenali penyebab HIV
Penyakit HIV dapat disebabkan oleh human immunodeficiency virus atau HIV, sesuai dengan nama penyakitnya. Jika tidak segera diobati, virus HIV dapat semakin memburuk dan berkembang menjadi AIDS. Penularan virus HIV ini paling banyak disebabkan karena melakukan hubungan intim yang tidak aman (seks bebas), berbagi penggunaan jarum suntik dengan penderita, serta transfusi darah dari penderita.

Kenali cara pencegahan HIV.
Kita sebagai Mahasiswa yang memiliki peran penting sebagai Agent Of Change, memiliki peran yang signifikan dalam mengkampanyekan penanggulangan penyakit HIV ini, seperti menjadi garda terdepan dalam upaya meminimalisir penyebaran virus HIV yang umumnya diderita oleh kaum muda ini. Berikut ini, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah penularan HIV.
1. Mencegah seks bebas, serta melakukan hubungan intim dengan aman, yaitu hubungan
intim setelah menikah.
2. Menghindari penggunaan narkoba, terutama melalui jarum suntik.
3. Edukasi yang cukup mengenai dampak, pencegahan, serta peran kaum muda dalam
mencegah penularan HIV.

Kembali

#KEMAKOM JUARA!

Website by Biro Teknologi Divkomtekinfo 2021