Edukom

Edukom - Persyaratan dan Persiapan Sidang Akhir Skripsi 17

Edukom - Persyaratan dan Persiapan Sidang Akhir Skripsi 17

Halo mahasiswa semua, kalian pasti sudah familiar dong dengan yang namanya sidang skripsi. Bagi yang belum tahu, mimin coba kasih tahu kalian yaa. Sidang skripsi merupakan salah satu syarat yang harus dilaksanakan dan dipenuhi oleh para mahasiswa untuk mencapai kelulusan. Dalam sidang ini, kalian diminta untuk mempresentasikan hasil penelitian kalian yang sudah disusun dan sudah selesai dikerjakan sesuai dengan bimbingan dosen pembimbing dalam bentuk skripsi di depan dewan penguji.

Karena sidang skripsi merupakan salah satu perjuangan terakhir dan terberat bagi tiap mahasiswa agar dapat memperoleh gelar setelah bertahun-tahun menjalani masa perkuliahan, maka dari itu skripsi harus dipersiapkan dengan matang, mulai dari pengajuan judul, penulisan bab demi bab, proses revisian, dan jadwal bimbingan. Dengan demikian, maka sidang skripsi bisa segera terlaksana dan hasil presentasi saat sidang skripsi dinilai baik.

Sebelum melakukan sidang skripsi, ada beberapa hal nih yang harus dipersiapkan oleh mahasiswa semua. Secara umum, ada beberapa poin ketentuan yang harus diperhatikan oleh setiap mahasiswa, langsung simak poin di bawah yaa:
1. Mahasiswa yang akan mengambil mata kuliah skripsi diharuskan telah menyelesaikan jumlah SKS minimal 130 dan IPKs di atas 2,75.
2. Pengusulan proposal skripsi harus disetujui oleh dosen pembimbing akademik (membuat form persetujuan dan dokumen yang diajukan).
3. Syarat mengikuti seminar proposal skripsi harus sudah lulus ujian kompetensi.
4. Mahasiswa yang lulus ujian pemrograman dan seminar proposal skripsi berhak mengontrak mata kuliah skripsi.
5. Mata kuliah seminar dapat menghasilkan proposal skripsi yang nantinya dapat dipertimbangkan untuk diajukan seminar skripsi.
6. Mahasiswa yang akan mengikuti sidang skripsi diharuskan sudah mengikuti pra sidang skripsi.

Lalu, ada juga beberapa ketentuan yang harus diperhatikan untuk pra sidang skripsi, check it out, guys:
1. Mahasiswa yang akan mengikuti pra sidang skripsi diharuskan untuk mengumpulkan draft skripsi rangkap tiga, paling lambat satu minggu sebelum jadwal pra sidang ditetapkan.
2. Penguji pra sidang terdiri dari 3 dosen, 1 orang diantaranya adalah dosen pembimbing ke-1 atau ke-2.
3. Penguji sidang ditetapkan oleh Koordinator Skripsi.
4. Koordinator Skripsi meminta konfirmasi kesediaan dosen yang ditunjuk sebagai penguji, Jika penguji sudah bersedia dan ternyata minimal 1 hari sebelum pelaksanaan tidak bisa, diharuskan untuk melapor kepada Koordinator Skripsi dan diharuskan penguji tersebut untuk mencari pengganti dirinya untuk menguji.
5. Mahasiswa yang mengikuti pra sidang skripsi diharuskan menggunakan pakaian hitam putih.
6. Ujian pra sidang dilaksanakan oleh 3 penguji.

Kemudian, terdapat juga beberapa poin yang harus diperhatikan saat sidang skripsi, yaitu:
1. Mahasiswa diwajibkan untuk mendaftar di Fakultas.
2. Mahasiswa yang akan mengikuti sidang skripsi adalah mahasiswa yang sudah menyerahkan draft perbaikan laporan skripsi rangkap tiga, paling lambat satu minggu sebelum jadwal pra sidang ditetapkan.
3. Mahasiswa sudah memiliki sertifikat TOEFL yang masih berlaku skor minimal 450.
4. Para penguji sidang skripsi adalah penguji pra sidang skripsi sebelumnya.
5. Koordinator Skripsi meminta konfirmasi kesediaan dosen penguji. Jika penguji sudah bersedia dan ternyata minimal 1 hari sebelum pelaksanaan tidak bisa, diharuskan untuk melapor kepada Koordinator skripsi dan diharuskan penguji tersebut untuk mencari pengganti dirinya untuk menguji.
6. Para penguji sidang skripsi diharapkan hadir dalam acara pembukaan dan penutupan sidang skripsi dengan menggunakan pakaian formal (batik dan kemeja berdasi).
7. Pembukaan dan penutupan sidang skripsi akan dipimpin oleh Ketua Program Studi.
8. Mahasiswa yang mengikuti sidang skripsi diharuskan menggunakan pakaian hitam putih.

Banyak sekali yaa yang harus dipersiapkan untuk proses sidang skripsi. Bagi yang sedang menjalani proses skripsian, tetap semangat yaa dan jangan menyerah. Proses perjuangan ini memang sangat melelahkan secara fisik dan batin, tapi yakinlah proses perjuangan kamu semua akan berlalu dan pada akhirnya kita akan merasakan indahnya perjuangan itu. Bagi para mahasiswa yang sedang skripsian, jangan lupa istirahat yaa ^_^

Kembali

#KEMAKOM JUARA!

Website by Biro Teknologi Divkomtekinfo 2021